Visitor

free counters
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Baca Juga

Total Tayangan Laman

Passive Income

Produk SMART Telecom
Masukkan Code ini K1-7769A9-F untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
-=:::^^WELCOME TO INFOSEHAT^^:::=-

10 Hal yang Membuat Anda Awet Muda

Diposting oleh Efraim Christoni Selasa, 28 Desember 2010 5 komentar

Pernahkan kita berpikir atau bertanya pada diri sendiri, mengapa kok saya yang beru berusia A lebih terlihat tua dibanding teman saya yang berusia B, atau mungkin Anda pernah melihat teman Anda yang walau sudah kuliah tapi wajahnya masih seperti anak SMA. Hmmm... mungkin alasannya ada dari beberapa hal di bawah ini, seperti :

1. Dilahirkan ketika ibu Anda masih muda
Berdasarkan penelitian dari University of Chicago, ibu muda masih memiliki sel telur yang sangat baik untuk fertilisasi, yang memungkinkan untuk menghasilkan anak yang lebih sehat, kuat dan berumur lebih panjang.

2. Mengkonsumsi Teh
Lebih dari 40.500 orang wanita maupun pria di Jepang yang terlibat studi tentang efek mengonsumsi teh terhadap kesehatan menunjukkan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengonsumsi teh.

3. Lebih suka jalan kaki ketimbang naik kendaraan
Orang-orang yang fit selalu mengutamakan jalan kaki, apakah itu hanya untuk makan siang atau pergi ke mall. Berjalan kaki 30 menit setiap harinya akan memperpanjang umur, berdasarkan studi terhadap 2.603 wanita dan pria.

4. Menghindari minuman-minuman bersoda
Para peneliti di Boston menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman soda setiap harinya meningkatkan risiko penyakit diabetes, jantung dan gangguan metabolik lainnya. Meminum jus akan lebih sehat untuk tubuh Anda

5. Memiliki kaki yang kuat
Menurut Robert Butler, MD, dari International Longevity Center—USA in New York City, mereka yang memiliki otot-otot kaki yang lemah diperkirakan tidak akan berumur panjang karena mudah mengalami komplikasi pada tulangnya.

6. Mengkonsumsi makanan berwarna ungu
Buah-buahan seperti anggur, blueberry dan makanan lainnya yang berwarna ungu kaya akan polifenol yang sangat baik untuk mengurangi penyakit jantung, Alzheimer dan meningkatkan kemampuan sel-sel otak.

7. Memiliki berat badan ideal dan sehat
Sebuah studi dalam Journal of Pediatrics yang melibatkan 137 orang Afrika dan Amerika menyebutkan bahwa mereka yang memiliki kelebihan berat badan pada usia 14 tahun ke atas memiliki risiko diabetes dua kali lipat pada saat dewasanya.

8. Sering berinteraksi dengan teman – teman.
“Hubungan interpersonal yang baik bertindak sebagai pelawan stres dan penyeimbang hidup Anda,” ujar Micah Sadigh, PhD, seorang psikolog dari Cedar Crest College. Memiliki orang-orang yang mendukung Anda akan membuat Anda lebih sehat secara fisik dan mental. Mereka yang stres akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan bisa memperpendek umur hingga 4-8 tahun.

9. Menyukai Tantangan.
“Ketika Anda merasa tertantang mengerjakan sesuatu, perhatian Anda akan terfokus dan otak akan memiliki kekuatan yang lebih besar, dan hal itu bisa memperpanjang hidup Anda,” ujar Robert S. Wilson, PhD, profesor neurological sciences and psychology at Rush University Medical Center in Chicago.

10. Tidak memiliki pembantu di rumah
Berdasarkan studi terhadap 302 orang dewasa dengan umur 70 dan 80 tahun, hanya dengan mengepel, mencuci atau membersihkan jendela beberapa jam, seseorang dapat membakar 285 kalori dan menurunkan risiko kematian hingga 30 persen.

Laser Hijau Gak Berbahaya ?? Mungkin ! Tapi........

Diposting oleh Efraim Christoni Senin, 27 Desember 2010 1 komentar

Insiden laser di stadion Bukit Jalil Malaysia saat pertandingan final leg I Piala AFF terus menjadi sorotan. Media Malaysia bahkan sudah menegaskan laser tidak berbahaya bagi kesehatan. Tapi faktanya laser hijau paling ampuh buat mengusik konsentrasi.

Ketika seseorang terkena laser tubuh tidak akan merasakan sakit apapun dan mata juga masih bisa melihat. Tapi efeknya, konsentrasi otak akan terganggu karena warna laser bisa membuat orang tidak nyaman.

Terlebih jika laser yang digunakan berwarna hijau. Karena laser warna hijau lebih mengganggu konsentrasi ketimbang laser warna merah.

Kelebihan laser hijau dibanding laser merah teletak pada panjang gelombangnya. Laser merah umumnya menggunakan panjang gelombang 635 nm (merah ruby) atau 650 nm (merah muda), sementara laser hijau menggunakan panjang gelombang 495-532 nm.

Pada kisaran panjang gelombang tersebut, warna kuning dan hijau paling mudah dilihat oleh mata manusia. Saat disorotkan langsung ke mata, laser hijau bisa tampak 50 kali lebih terang dibandingkan laser yang berwarna merah.

Dikutip dari Greenlaserbeam, Senin (27/12/2010), panjang gelombang juga mempengaruhi kekuatan sinar laser. Dengan gelombang yang lebih pendek, laser hijau punya intensitas lebih tinggi sehingga bisa menjangkau jarak yang lebih jauh dengan pada penggunaan daya listrik yang sama.

Dengan kelebihan ini, laser hijau banyak digunakan oleh militer untuk operasi tempur di siang hari. Bintik hijau bisa menjangkau jarak yang lebih jauh, sekaligus terlihat lebih jelas meski dalam kondisi cahaya yang terang benderang.

Jika dari jarak jauh, wajah yang terkena laser memang tidak berbahaya tapi ini sungguh mengganggu konsentrasi. Dan umumnya laser yang bisa menempuh jarak jauh adalah laser yang memiliki daya watt tinggi dengan harga yang mahal.

Sementara laser hijau maupun merah yang digunakan pada mainan maupun pointer untuk presentasi umumnya menggunakan daya di bawah 5 mili Watt. Dengan daya sekecil itu, laser hanya akan merusak jika ditembakkan langsung ke mata dalam jangka waktu lama.

Namun jika menggunakan daya di atas 1 Watt, kekuatan laser hijau bisa mencapai 1.000 kali kekuatan radiasi sinar matahari. Kekuatan laser hijau pada daya tersebut sanggup membakar obyek tertentu seperti plastik dan kertas jika ditembakkan dari jarak dekat.

Umumnya daya yang diperbolehkan untuk dipakai pada laser mainan maupun pointer adalah di bawah 5 mili Watt. Laser berkekuatan lebih dari 1 watt cukup berbahaya sehingga untuk memilikinya harus melewati perizinan tertent.

Sumber : detikHealth.com

Online Degree Programs

Diposting oleh Efraim Christoni

Have you always dreamed to learn without having to meet face to face?
Sometimes we have something else duty to be done or we work full-time and for school or college is something burdensome.
For that reasons, And now you can study without having to meet face to face , You can learn everywhere as a student at one university or college online . You also can get a degrees online. All you can get without having met face to face with your teachers or friends. That's what offered from the site elearners.com.You can find the college majors that you want , your desired degree , program you want, and the place of online colleges you want.
Available program Arts & religion, health &medicine, Business & MBA, Science & Engineering, Computer & IT, Social Science, Education & Teaching, Trades & Career. And also available by level such as ;Online Associate degree, online bachelor degree, online master degree, online doctoral degree, online undergraduate program, online graduate program, online diploma program, online certificate program. You can learn wherever you want without going to the some place. Because simply register yourself and you will be a student in one school or college Online.There are a total of 246 place school, college or university that you can be register . There is also a scholarship program for those who excel.

Senam Mata untuk yang Bermata Minus

Diposting oleh Efraim Christoni Sabtu, 25 Desember 2010 8 komentar

Punya mata minus dan pengen coba bebas kacamata ? Siapapun mau bebas kacamata, tapi kalo di lasik ?? Mahal !

Tenang aja.. lkita tetap bisa membuat mata berangsur-angsur menurun minusnya dengan senam mata, gimana sich langkahnya ?? Let's cekedot ...

LATIHAN 1 : Mata Melirik Ke Kiri Dan Ke Kanan

Latihan senam mata ini baik untuk membantu merangsang otot mata agar mata otot mata dapat dapat cekung dengan baik dan tidak kaku. Caranya adalah dengan :

1. Pandangan lurus ke depan.
2. Tangan kanan berada di sebelah kanan badan sejajar leher.
3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
4. Lihat jari anda dengan fokus dengan cara menoleh ke kanan.
5. Palingkan wajah anda ke kiri perlahan tanpa kehilangan pandangan fokus anda ke jari tadi.
6. Tahan pandangan ketika merasa mata sudah maksimal.
7. Ketika sudah lelah bebaskan mata anda dengan melihat yang jauh.

Tips :
- Lakukan ke arah yang berbeda seperti ke kiri, bawa, atas, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah, dan lain sebagainya.
- Kemungkinan dapat menimbulkan rasa pusing dan mual. Itu tandanya mata anda butuh latihan ini.
- Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau memejamkan mata sambil tiduran.
- Senam ini mungkin dapat mengobati rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
- Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
- Sebaiknya jangan terlalu lama, sekitar 10 sampai 30 detik saja tiap lirikan.
- Setelah latihan mata mungkin mata anda jadi agak tidak nyaman untuk melihat benda-benda yang dekat jaraknya.
- Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pohon jauh dan dekat tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
- Semoga mines / ples anda berkurang. Kalau sudah merasa berkurang ganti kacamata anda agar tidak memakai kacamata yang sekarang yang dapat mengembalikan cacat mata anda ke sediakala.

LATIHAN 2 : Fokus Pandangan Mata Jauh Dekat

Latihan berikut ini dapat membantu otot mata anda agar bergerak ke fokus jauh dan fokus dekat. Namun latihan ini mungkin dapat membuat mata anda agak buram kembali setelah melakukan latihan 1 di atas. Mingkin ada baiknya melalukan latihan 2 dulu baru yang 1, atau hanya melakukan latihan 1 saja bagi yang bermasalah rabun jauh.

1. Pandangan lurus ke depan.
2. Tangan kanan berada di depan badan sejajar leher.
3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
4. Lihat jari anda dengan fokus.
5. Gerakkan jari maju mundur pelan-pelan dan mata tetap fokus mengikuti gerakan jari.
6. Setelah beberapa kali maju mundur lepaskan mata dengan melihat benda-benda jauh.

Tips :
- Tips ini mungkin akan lebih terlihat hasilnya pada orang yang matanya mines rendah.
- Bagi yang mines tinggi sebaiknya jangan dipaksakan karena belum tentu membawa hasil.
- Kemungkinan latihan ini bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.
- Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau merem sambil tiduran.
- Senam ini mungkin dapat meneymbuhkan rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
- Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
- Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pepohonan tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
- Segera hubungi dokter spesialis mata jika mengalami gangguan.

Penutup :
Semoga lekas sembuh dengan masalah mata anda. Hindari Obat / Pengobatan mata yang tidak memiliki izin resmi dari badan pengawasan obat dan makanan serta tidak direkomendasi oleh dokter. Kalau dengan metode pijat refleksi boleh-boleh saja. Jika setelah latihan senam mata ini bertambah parah segera hentikan dan hubungi dokter kesayangan anda.


sumber : organisasi.org

Alasan Harus Bangun Pagi (Versi Sendiri)

Diposting oleh Efraim Christoni Kamis, 23 Desember 2010 9 komentar

Yupz.. Pernah gak sih ngerasain susssaaah banget banget banget yang namanya bangun pagi..??
Pastinya setiap orang pernah ! Apalagi bagi mereka yang nggak ada kegiatan yang menuntut untuk bangun pagi.
Tapi menurut gw bangun pagi-pagi itu sangat-sangat perlu (meski butuh perjuangan kalo yang terbiasa bangun siang), apa sih perlunya ??
Yukk mariii simak alasan berikut, inget.. ini versi gue ! Mau ditiru atau tidak yaaa sekarepmu,...hhe

Pertama, Kalo bangun pagi kita jadi merasa lebih bersyukur masih dikasih napas kehidupan oleh Tuhan, begitu bangun pagi melihat langit yang masih berwarna biru muda, disertai angin yang sejuk begitu membuka jendela serta kicauan burung pipit yang beterbangan dari pohon satu ke pohon lainnya. Benar-benar indah, dan pastinya tambah semangat buat ngejalanin hari.

Kedua, menyehatkan badan. Lho kok bisa ?? pastinyaa !! sebab kita jadi punya waktu untuk berolahraga kecil ya kurang lebih 10 sampai 15 menit juga sudah cukup. Senam-senam sederhana saja, pasti besar banget manfaatnya !

Ketiga, ada kesempatan untuk instropeksi diri. Mungkin kemarin-kemarin ada hal-hal yang membuat kita kesal, marah, dsb. Nahh kalo bangun pagi kita jadi punya banyak waktu untuk tarik napas dan bertekad untuk jaga hati, amarah, dan seminimal mungkin nggak bikin dosa besar hari itu.

Keempat, ada kesempatan untuk buat planning. Perencanaan itu perlu ! Oleh sebab itu sebelum menjalani hari kita bisa membuat perencanaan. Misalnya, nanti saya akan melakukan ini, itu, kerumah si ini, itu, dan target harus dapet ini, itu.. dsb. Seperti sekarang ini saya bangun pagi dan buat planning untuk nanti sebelum menjalani kegiatan harus menyapa sobat2 blogger semua dan menargetkan harus dapet traffic dan link back banyak, hehe...
Lagipula kalau bangun pagi, kita bisa merasakan 1 hari benar-benar 24 jam. Dibandingkan bangun siang, beraktivitas, lalu tiba-tiba berkata "lahh perasaan cepet banget udah sore aja tiba-tiba -,- "

Kelima, dan yang penting banget. Bangun pagi bisa menambah motivasi !
Bangun pagi dan buka jendela, lihatlah sekeliling rumah Anda. Dan saya sering bertekad bahwa saya bisa menjadi berguna buat orang-orang disekeliling saya kelak

Hmm.. mengapa saya tidak tulis bangun pagi penting untuk menghindari kemacetan ?? Karena saya tidak punya kepentingan berangkat kemana2 di pagi hari, sebab saya untungnya punya jam kuliah siang.. ;)

sekian terimakasih... selamat beraktivitas !

Jeruk Nipis untuk Turunkan Kolesterol

Diposting oleh Efraim Christoni Rabu, 22 Desember 2010 7 komentar

Selain mengonsumsi obat dari dokter, ada cara alami yang dapat dicoba untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Caranya mudah, bahkan yang diperlukan pun gampang didapatkan.

- Ambil jeruk nipis yang segar, cuci bersih.

- Jeruk nipis dibelah empat, lalu iris tipis-tipis.

- Masukkan irisan jeruk nipis dengan kulitnya ke dalam mug atau gelas.

- Tuangkan air panas ke dalamnya sampai penuh, lalu tutup rapat.

- Tunggu kira-kira 30 menit, lalu minum sampai habis.

- Lakukan sehari dua kali, setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

Perlu diketahui, jeruk nipis tidak menyebabkan perih pada lambung. Jeruk nipis juga jangan dikupas karena pada kulitnya terdapat kandungan minyak yang diperlukan untuk pengobatan.

University of Phoenix Campuses

Diposting oleh Efraim Christoni Selasa, 21 Desember 2010

Do you want to continue your studies to a higher level after graduate your high school ? Everybody knows, continue their studies into higher education is important for the future of every person. And we must be clever to choose a good college.
Don't be hesitate to choose
University of Phoenix Campuses as a place of your lecture. University of Phoenix is the largest private university in North America with over 200 locations in North America and online programs available in selected countries throughout the world. University of Phoenix Campuses has many degrees such as business, criminal justice & legal, design, education, health & nursing, IT & Engineering, liberal arts, social science, and vocational, and University of Phoenix has more than 200 locations across the country in 39 provinces. Founded in 1976 by Dr. John Sperling, more than 400,000 alumni, currently over 450,000 students enrolled, and of course no need to doubt the quality. The university offers degrees at the associate’s, bachelor’s, master’s and doctoral levels, providing options for students to further their education. University of Phoenix programs is to establish a good personal, knowledgeable, and give you an extraordinary college experience, produce competent human resources in business, managerial ability, professional, ethical, national and global minded and able to provide added value for stakeholders, economic progress of society and the world . Please call or visit University of Phoenix Campuses site for more information. Get your achievements and a better future with University of Phoenix schools and campuses.

Asupan Agar Otak Tetap "On"

Diposting oleh Efraim Christoni 4 komentar

Seiring dengan bertambahnya umur, tubuh dan fungsi organ kita juga ikut mengalami proses menua. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mempertajam konsentrasi, meningkatkan daya ingat, dan fungsi otak? Cukup tambahkan makan ini dalam menu harian kita, maka otak sehat sampai tua akan kita nikmati.


1. Kopi akan membuat kita lebih fokus.
Tidak ada yang dapat membantah, kalau kafein, bisa memberikan energi serta membantu kita tetap fokus dan berkonsentrasi.

Semua manfaat itu bisa kita temukan dalam kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat-obatan. Meski hanya memberikan efek jangka pendek, kafein merupakan alarm yang cukup efektif. Ingat : terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat kita gelisah dan tidak nyaman.

2. Gula bisa meningkatkan kewaspadaan.
Gula merupakan bensin untuk otak kita. Bukan gula pasir, tapi yang dimaksud adalah glukosa, senyawa yang dicerna oleh tubuh dari gula dan karbohidrat yang kita makan. Itu mengapa segelas minuman manis bisa meningkatkan daya ingat dan proses berpikir jangka pendek. Tapi jangan langsung bergantung pada gula. Sebab konsumsi gula berlebihan bisa membuat ingatan terganggu, plus menambahkan angka pada timbangan badan kita.

3. Isi bensin otak dengan sarapan.
Jarang sarapan? Sebuah studi menemukan sarapan bisa menaikan daya ingat dan kewaspadaan dengan cepat. Pelajar yang sarapan memiliki performa yang lebih baik di sekolah dibanding pelajar yang tidak melakukannya. Menu sarapan yang dianjurkan adalah gandum utuh, olahan susu dan buah. Hindari memilih menu sarapan yang tinggi akan kandungan karbohidrat, karena justru akan membuat konsentrasi kita terganggu.

4. Ikan adalah sahabat otak.
Sumber protein yang dikaitkan dengan peningkatan kerja otak adalah ikan. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan merupakan zat penting untuk fungsi dan perkembangan otak. Lemak sehat ini mampu menurunkan dementia atau risiko stroke, serta memegang peran penting dalam meningkatkan daya ingat. Terutama pada orang-prang lanjut usia. Masukan ikan salmon, sarden atau makarel dalam menu kita 3 kali dalam seminggu.

5. Tambahkan dosis harian kacang dan cokelat.
Kacang-kacangan adalah sumber antioksidan vitamin E yang mampu memperkecil penurunan kognitif yang sering terjadi saat kita menua. Sedangkan dark chocolate, memiliki antioksidan yang kuat, plus kafein yang bisa membuat otak lebih fokus dan konsentrasi. Dapatkan asupan rendah kalori, lemak dan gula dengan mengonsumsi kacangan-kacangan dan cokelat hitam 10 gram setiap hari.

6. Masukan avokad dan gandum utuh ke piring.
Setiap organ dalam tubuh kita tergantung pada peredaran darah, terutama jantung dan otak. Mengonsumsi gandum utuh dan buah, seperti avokad, bisa mengikis risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Bahan alami ini akan mengurangi penumpukan plak di arteri dan meningkatkan peredaran darah yang ujungnya dapat membuat kerja sel-sel otak lebih gesit. Gandum utuh sangat kaya akan kandungan serat dan vitamin E. Sedangkan avokad memiliki lemak monounsaturated yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat Buah ApeL

Diposting oleh Efraim Christoni Rabu, 15 Desember 2010 16 komentar

Rakyat Indonesia kayaknya belum terlalu banyak mengkonsumsi buah, bisa dikatakan rendah soal mengkonsumsi buah setiap harinya, gak percaya ??? Tengoklah kulkas-kulkas setiap rumah tangga, belom tentu ada buah di dalemnya, malah mungkin lebih banyak makanan atau minuman yang gak sehat (soda, berwarna,dll)
Nahh kalo kemaren ngebahas khasiat buah sirsak, sekarang kayaknya waktu yang tepat buat ngebahas soal manfaat buah yang lain, Apel adalah yang beruntung kali ini untuk kita bahas... ;D

Banyak jalan menuju sehat. Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan adalah makan apel setiap hari. Sebuah studi membuktikan bahwa apel mengandung sejuta manfaat.

Satu buah apel terbukti bebas lemak, sodium dan kolesterol, serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga mampu menangkal penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Saat Anda makan tanpa mengupas kulitnya, apel yang rendah kalori juga sarat akan kandungan kalium, asam folat, vitamin C dan kalsium.

Apel juga dapat digunakan sebagai penurun demam yakni dengan cara memarutnya. Sedangkan apel yang dikukus dengan madu bisa digunakan untuk mengobati batuk kering dan menghilangkan lendir dari paru-paru.

Para penderita diabetes tidak perlu khawatir bila mengoonsumsi apel setiap hari, karena apel dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Jadi tidak salah jika ada kata-kata mutiara "An Apple A Day Keeps The Doctor Away."

Selain kegunaan diatas, berikut fakta lain yang menyehatkan soal apel yang belum Anda ketahui:

Apel segar bisa membantu melancarkan pencernaan karena mengandung malic dan asam tartarat yang menghambat fermentasi dalam usus.

Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat membantu pencernaan, membuat eliminasi alami dan nyaman. Apel juga mengandung pektin, serat yang larut yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan.

Sebuah apel mengandung beberapa vitamin yaitu, vitamin A (74IU), B Tiamin (04 mg), Niacin (15 mg), C Absorbic Acid (8 mg) dan Riboflavin (03 mg). Juga berbagai macam mineral, seperti Kalsium (10 mg), Fosfor (100 mg), Besi (45 mg), Potassium (159 mg), dan Magnesium (12 mg).

So...?? Jangan ragu konsumsi buah Apel...

Sirsak Mampu Obati Kanker

Diposting oleh Efraim Christoni Rabu, 08 Desember 2010 18 komentar

Kanker bisa diobati dengan mengonsumsi herbal atau buah-buahan. Dari banyak herbal tersebut, sirsak punya keunggulan dibandingkan buah lain.

Sirsak diketahui bisa mencegah dan juga ampuh untuk mengobati beberapa jenis kanker. "Untuk sirsak sendiri telah diteliti dapat mengobati kanker usus besar (kolon), kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, dan juga kanker buah dada (payudara)," ucap dr Hardhi Pranata, SpS, selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI).

Bagian sirsak yang bermanfaat untuk obat kanker adalah batang, daun, dan juga buahnya atau dalam bentuk jus. Buahnya bisa dimakan langsung, dibikin jus, atau daunnya direbus kemudian hasil rebusannya diminum.

"Bisa dengan cara minum jus buah sirsak atau dengan cara merebus 9 lembar daun sirsak dan minum air rebusan tersebut lalu dimonitor keadaannya. Biasanya nafsu makan akan meningkat dan pertumbuhan sel-sel kankernya akan terhambat," ungkap dr Hardhi.

Dia juga menjelaskan, sirsak mengandung senyawa saponin, polifenol, dan juga bioflavonoid yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Nah, cara membunuh sel kanker oleh sirsak inilah yang berbeda dengan herbal lainnya. Sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuhnya abnormal atau sel-sel spesifik seperti radikal bebas yang ada sel-sel kankernya. Tapi sirsak tidak merusak sel-sel yang sehat.

Selain memiliki rasa yang enak, buah sirsak ini juga membantu memelihara kesehatan, mencegah penyakit, dan mengobati penyakit. Hal ini karena buah sirsak juga bisa menurunkan tekanan darah, anti-parasit, obat penenang yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh serta mengatasi depresi, radang sendi, dan juga untuk asam urat.

"Konsumsi buah sirsak ini harus digalakkan lagi agar tidak punah karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah ini," ujar dokter yang praktik di RSPAD Gatot Subroto ini.

Untuk di Indonesia, penelitian mengenai khasiat sirsak dan tanaman obat lainnya ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Dalam studi ini, RS Kanker Dharmais akan bekerja sama dengan Nanjing University of Chinese Medicine yang difasilitasi PDHMI. Dalam penelitian ini akan dilakukan terapi kombinasi antara obat-obatan dan juga herbal.

"MoU kerja sama ini sudah ditandatangani dan diperkirakan mulai bulan Desember sudah mulai dilakukan penelitian di Indonesia," imbuh dr Hardhi.

Dia menuturkan bahwa di Nanjing University, terapi kombinasi ini sudah dilakukan. Pasien-pasien kanker di sana tidak mengalami mual, rambut rontok, berat badan menurun, dan bisa tetap berjalan-jalan seperti biasa.

Terapi kombinasi ini diharapkan bisa mengurangi efek samping dari terapi standar kanker yang dilakukan, seperti kemoterapi, radiasi atau operasi, serta dapat mengurangi jumlah kemoterapi yang seharusnya dilakukan oleh si pasien.

Tumbuhan dan buah-buahan yang diketahui memiliki efek anti-kanker, seperti:

1. Tomat diketahui dapat mengobati kanker prostat, dengan cara mengonsumsi tomat yang sudah direbus.
2. Cabe merah diketahui dapat mencegah kanker usus besar jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama.
3. Biji anggur juga diketahui memiliki senyawa anti-kanker. Oleh karenanya, kalau mengonsumsi anggur, cari yang memiliki biji dan makan bersama kulitnya.
4. Daun sirih merah diketahui sebagai anti-kanker payudara dengan cara direbus.
5. Temulawak diketahui memiliki zat aktif cursil yang bersifat sebagai anti-inflamasi dan juga anti-kanker.

"Sebagian tumbuhan obat di Indonesia mengandung obat anti-kanker, seperti sitotoksin yang memiliki kemampuan untuk membunuh dan mendeteksi sel-sel yang tumbuhnya tidak normal. Senyawa-senyawa di dalam tumbuhan ini bisa berfungsi dalam bentuk gabungan, tapi ada juga yang single," ujarnya.


oleh : kompas.com

it's ALL about Health
Your Ad Here

Cari Judul

Kata Mutiara :

Kita hidup tidak dituntut untuk berhasil, namun dituntut untuk berusaha. Dengan berusaha maka akan terbuka pintu untuk keberhasilan.

My Award

My Award

Followers