Visitor

free counters
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Baca Juga

Total Tayangan Laman

Passive Income

Produk SMART Telecom
Masukkan Code ini K1-7769A9-F untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
-=:::^^WELCOME TO INFOSEHAT^^:::=-

Polusi Kendaraan, Cukai Tembakau dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

Diposting oleh Efraim Christoni Sabtu, 02 Januari 2010

Hallo sobat.. Tentunya kalian udah gak heran lagi kan mendengar fakta bahwa negeri kita tercinta ini "ahli" dalam membuat polusi ?? Bayangkan saja, Indonesia masuk urutan ketiga dalam hal negara paling berpolusi di dunia !! Woww..!!! Eiittss tidak berhenti sampai disitu, Ibukota negara ini pun turut memprihatinkan dengan berada di urutan ketiga juga sebagai ibukota paling berpolusi setelah ibukota Meksiko (Meksiko City) dan ibukota Thailand (Bangkok). Hmm... sangat memalukan.

Data-data tersebut tentu sangat memprihatinkan bagi kita. Dan, sebaiknya kita jangan menuding data-data tersebut salah, namun lebih baik introspeksi diri. Kita tidak usah heran melihat kondisi polusi negara ini yang mencengangkan. Toh, Anda bisa lihat bahwa kendaraan-kendaraan umum, mobil pribadi, ataupun sepeda motor masih diijinkan lalu lalang dengan asapnya yang ngebul sementara di negara-negara lain sudah di-banned dan kembali ke kendaraan tradisional. Pihak pemerintah kita seharusnya sudah sejak lama menghentikan pengeluaran polusi-polusi yang berlebihan yang disertai tindakan hukumnya, bahkan kalau perlu negara kita ini back to nature, menggunakan transportasi tradisional untuk kegiatan sehari-hari. Tapi tunggu dulu, bukan hanya polusi kendaraan saja yang menjadi dalang tingginya tingkat polusi di negara ini, namun juga karena asap rokok !

Amat memprihatinkan tingkat polusi asap rokok yang sedang booming baik di kalangan dewasa ataupun remajanya. Memang sekarang ini sudah ada UU tentang larangan merokok sembarangan di tempat2 umum, namun masih ada saja segelintir orang yang nekat merokok di tempat terlarang tersebut. Apakah penyebab asap rokok bisa begitu leluasa menyebar dan membuat polusi dimana-mana? Yap tentu saja ujung-ujungnya karena harga rokok yang begitu murah. Harga rokok yang murah membuat masyarakat Indonesia menjadi tidak sehat lagi dan yang memprihatinkan adalah sebanyak 70% remaja Indonesia melakukan kebiasaan merokok.

Saya pernah membaca sebuah koran mingguan yang mengulas tentang ketidakberanian pemerintah dalam upaya menaikan cukai tembakau. Pemerintah masih dibelenggu mitos yang mengatakan bila cukai tembakau dinaikkan, maka rakyat Indonesia bakal bertambah banyak yang menganggur. Ketakutan itu disebabkan karena fakta menarik negara ini, yaitu bahwa pendapatan negara sebagian besar didapat dari penjualan rokok. Jadi bisa diambil kesimpulan begini ; kalau cukai dinaikkan, harga rokok menjadi ikut naik, daya beli rokok masyarakat menurun, penjualan rokok bakal berkurang dan pendapatan negara juga ikut berkurang. Hehe....

Di negara Singapura misalnya. Harga rokok di Indonesia yang perbungkus misalnya Rp 10.000. Di Singapura harga rokok yang sama itu Rp 50.000. Lumayan jauh berbeda bukan ?? Tapi bisa dilihat efek positif dari mahalnya rokok itu, masyarakat bisa lebih sehat akibat mau tidak mau harus mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokoknya. Dengan begitu ada dua keuntungan yang bisa didapat, yaitu polusi berkurang dan kesehatan masyarakat meningkat.

11 komentar

  1. alkatro Says:
  2. sungguh menakutkan efek polusi tersebut.. padahal kalo tidak salah Polusi Karbon di Ibukota sudah mencapai 90%..
    thanks 4 sharing :)

     
  3. Indonesia selalu masuk urutan 10 besar dunia yah, dalam kategori negatif, walaupun tidak sedikit juga yang positif, ckck

    salam blogger sob^^

     
  4. wah sungguh menakutkan, negara ini memang perlu memperhatikan polusi yang menjadi-jadi di kota2 besar,, bahkan sampe ada yang bakar2 hutan bikin kabut asap,, polusi banget...suka batuk2 kalo udah kena asap ato debu, serta bikin penyakit, mending cepet2 diatasi tuh polusi, dimulai dari sendiri...

     
  5. JOLA76 Says:
  6. tapi yang paling rugi ya perokok pasif resikonya paling berat

     
  7. Indonesia memang surganya polusi. terutama di kota kota besar...

     
  8. maybee Says:
  9. yah mo apa dikata sob.... penegakan aturan d sini kan emang loyo... yg penting kendaraan kita d jaga jgn sampe ngebul...

     
  10. kie Says:
  11. gimana mau menaikkan harga rokok, pemerintahnya aja masih banyak yang doyan ngebul alias ngerokok...

     
  12. Anonim Says:
  13. I read this forum since 2 weeks and now i have decided to register to share with you my ideas. [url=http://inglourious-seo.com]:)[/url]

     
  14. Anonim Says:
  15. Hi Guys,Just registered here and looking to have a great time. I am looking for the best cash gifting program out there in the internet. Can you guide me?

    Below are some sites that I found and I am not sure how much they are going to help me.
    [url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]cash gifting[/url]
    [url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]join cash gifting[/url]
    [url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]best cash gifting program[/url]

     
  16. Anonim Says:
  17. http://lumerkoz.edu global and other list [url="http://soundcloud.com/lasixs"]lasix side effects[/url] pantomime molasky [url="http://soundcloud.com/zovirax"]zovirax side effects[/url] likes [url="http://barborazychova.com/members/Buy-Levaquin.aspx"]levaquin side effects[/url] dosage themhold [url="http://malgorz.com/members/Buy-Augmentin.aspx"]augmentin side effects[/url] reitera sharia [url="http://riderx.info/members/Buy-Doxycycline.aspx"]doxycycline[/url] intheir aldermanic

     
  18. Anonim Says:
  19. It isn't hard at all to start making money online in the undercover world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]adsense blackhat[/URL], Don’t feel silly if you don't know what blackhat is. Blackhat marketing uses alternative or little-understood methods to generate an income online.

     
it's ALL about Health
Your Ad Here

Cari Judul

Kata Mutiara :

Kita hidup tidak dituntut untuk berhasil, namun dituntut untuk berusaha. Dengan berusaha maka akan terbuka pintu untuk keberhasilan.

My Award

My Award

Followers